Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Disetiap Jenjang Pendidikan


A. Jenjang Sekolah Dasar (SD) 

a.       Bilangan

-          Konsep Bilangan Bulat dan Pecahan (operasi hitung, sifat, dan penggunaan).

b.      Geometri dan Pengukuran

-          Bangun Datar dan Bangun Ruang Sederhana (unsur-unsur, sifat-sifat, dan penerapannya).

-          Konsep ukuran dan pengukuran (berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, debit, dan pengaplikasiannya).

c.       Pengolahan Data

-          Konsep Pengumpulan, Penyajian Data dengan Tabel, Gambar, Grafik, Mengurutkan Data, Rentangan Data, Rerata, Modus, dan Penerapannya.

B.   Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sederajat

a.       Bilangan

-          Pengoperasian dengan sifat.

-          Taksiran hasil operasi hitung.

b.      Geometri dan Pengukuran

-          Identifikasi bangun datar dan ruang berdasar sifat, unsur, dan kesebangunanya.

-          Operasi hitung (luas, volume, satuan pengukuran).

-          Mengidentifikasi sifat garis dan sudut dalam pemecahan masalah.

c.       Peluang dan Statistika

-          Pengumpulan, penyajian, dan ukuran pemusatan data.

-          Menentukan dan menafsirkan peluang suatu kejadian.

d.      Aljabar

-          Operasi hitung pada persamaan, pertidaksamaan, fungsi, dengan bentuk linear, kuadrat, barisan dan deret, dan dalam pemecahan masalah.

C.  Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat

a.       Pengukuran dan Geometri

-          Penggunaan sifat dan aturan untuk menentukan posisi, jarak, sudut, volume, dan transformasi dalam pemecahan masalah.

b.      Peluang dan Statistika

-          Kaidah Pencacahan

-          Peluang Kejadian Majemuk

-          Menyajikan dan meringkas data dengan berbagai cara dan memberi tafsiran

c.       Trigonometri

-          Menggunakan perbandingan, fungsu, dan peramaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.

-          Penggunaan manupulasi aljabar dalam menyusun bukti

d.      Aljabar

-          Penggunaan manipulasi aljabar berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, logaritma, persamaan, dan fungsi komposisi dan invers

-          Persamaan lingkaran dan garis singgungnya

-          Algoritma pembagian, teorema sisa, dan teorema faktor

-          Program Linear

-          Penggunaan sifat dan aturan berkaitan dengan barisan, deret, matriks, vektor, transformasi, eksponensial, dan logaritma.

e.       Kalkulus

-          Limit fungsi, turunan, dan integral.

 

Sumber :

-          KARAKTERISTIK DAN RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH (oleh : Nasaruddin)

-          jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISERA (DISEASE SPREAD TRACKER): APLIKASI PREDIKSI PERSEBARAN PENYAKIT MENULAR DENGAN MODEL MATEMATIKA SUSCEPTIBLE-INFECTIOUS-RECOVERED (SIR) UNTUK MENGOPTIMALKAN PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR DI INDONESIA

BOOKMATH (BOOKKEEPING WITH MATH): APLIKASI PEMBUKUAN SEBAGAI REALISASI DIGITALISASI MATEMATIKA DALAM MEMBANTU UMKM

Pengaruh Pembelajaran Terhadap Daya Pikir, Mental, dan Tumbuh Kembang Anak