HAKIKAT MATEMATIKA



A.  Pengertian Matematika

Secara Umum :

Matematika berasal dari bahasa Latin “mathematika”  bermula dari kata Yunani “mathematike” dengan arti mempelajari. Selain itu, matematika juga berasal dari kata mathema berarti pengetahuan dan ilmu. Ada juga yang berpendapat bahwa Matematika berasal dari kata mathein  yang beraryi berpikir.

Oleh karena itu, dapat kita tarik makna dari matematika itu sendiri adalah, suatu ilmu yang mana berasal dari pemikiran manusia dengan menggunakan akal dan penalaran yang logis.

Pada awalnya cabang Matematika yang ada yaitu, aritmetika, aljabar, geometri, kalkulus, statistika dan sejalan dengan perubahan zaman serta waktu, mengalami pengembangan sehingga dihasilkan topologi, Aljabar Abstrak, Aljabar Linear, Geometri Linear dan pengembangan yang lainnya.

Adapun pendapat beberapa ahli mengenai Hakikat Matematika itu sendiri :

1.  James and James (1976)

Beliau berpendapat bahwasannya matematika merupakan suatu ilmu mengenai logika, bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsepnya berhubungan satu sama lainnya.

2. Russefendi (1988 : 23)

Matematika berisi unsur-unsur, definisi, aksioma, dan dalil yang terorganisasi dan telah dibuktikan kebenarannya. Matematika merupakan ilmu deduktif, pendapat beliau.

3.    Johnson dan Rising dalam Russefendi (1972)

Mereka mengungkapkan bahwa matematika merupakan suatu pola pikir, pola pengorganisasian, pembuktian secara logis, dengan penggunaan bahasa dan istilah yang dimaknai dengan cermat, akurat melalui simbol.

4.      Dienes

Berbeda dengan pendapat lainnya, Dienes sendiri mengemukakan bahwa matematika ada sebuah ilmu seni kreatif, di mana dalam mempelajarinya harus ditempatkan sebagai seni.

5.      Sujono (1988 : 5)

Beliau menyapaikan arti matematika melalui beberapa argumen antara lain, matematika diartikan sebagai cabang ilmu yang eksak dan sistematis. Ada juga, matematika merupakan ilmu penalaran logis dan masalahnya berhubungan dengan bilangan. Argumen lainnya menyebutkan bahwa matematika sebagai ilmu bantu dalam mengintepretasikan ide dan menarik suatu kesimpulan.

B. Matematika Sebagai Ilmu Deduktif 

Sebutan demikian dikarenakan dalam mencari pembuktian matematis melalui proses penggeneralisasian yang dapat diberlakukan secara umum. Semua teori, dalil, sifat harus dibukyikan secara deduktif.

C. Matematika Sebagai Ilmu Yang Terstruktur

Matemtika dimulai dari suatu unsur yang tidak terdefinisikan kemudian beralik ke dalam aksioma / postulat dan berakhir pada sebuah teorema. Konsep dalam matematika tersusun sedemikian rupa dengan terstruktur, sistematis, logis, dan berjenjang mulai dari konsep yang sederhana sampai konsep yang kompleks atau meyeluruh di mana konsep-konsepnya behubungan satu sama lain, sebagai prasyarat penyajian konsep mendatang.

D. Matematika Sebagai Bahasa Simbol

Seperti yang kita ketahui, bahwa di dalam konsep matematika kita mengenal salah satu karakteristiknya yaitu abstrak, salah satunya adalah simbol. Di dalam matematika tidak lepas dengan penggunaan simbol di setiap konsep dan pembahasnnya. Simbol-simbol tersebut dipergunakan untuk mewakili suatu definisi.

E. Matematika Sebagai Ratu dan Pelayan Ilmu Lain

Dikatakan Ratu, bahwa matematika dipergunakan sebagai sumber dari berbagai ilmu lain. Tidak sedikit cabang ilmu yang mengkaitkan matematika dalam kajian dan pembahasannya.

Dikatakan Sebagai Pelayan, bahwa matematika tumbuh dan mengalami perkembangan untuk diri sendiri, yang mana matematika diperunakan untuk melayani kebutuhan kajian dan pengembangan ilmu lain.

Ternyata demikian menarik ya matematika, dimana dalam matematika itu sendiri dapat kita maknai, bahwa matematika itu merupakan suatu ilmu yang secara formal, merupakan ilmu yang terorganisir, sistematis, eksak, yang dikemas dengan penggunaan simbol-simbol serta angka-angka. Namun ada juga yang bependapat bahwa Matematika sejatinya adalah sebuah seni, dimana dalam penyampainnya haruslah seperti kita menyampaikan seni secara kreatif.

 

Sumber :

http://www.revyreza.wordpress.com 

http://eprints.uny.ac.id > 12 BAB II KAJIAN PUSTAKA, A. Hakikat Matematika

http://file.upi.edu > Direktori

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DISERA (DISEASE SPREAD TRACKER): APLIKASI PREDIKSI PERSEBARAN PENYAKIT MENULAR DENGAN MODEL MATEMATIKA SUSCEPTIBLE-INFECTIOUS-RECOVERED (SIR) UNTUK MENGOPTIMALKAN PENANGGULANGAN PENYAKIT MENULAR DI INDONESIA

BOOKMATH (BOOKKEEPING WITH MATH): APLIKASI PEMBUKUAN SEBAGAI REALISASI DIGITALISASI MATEMATIKA DALAM MEMBANTU UMKM

Pengaruh Pembelajaran Terhadap Daya Pikir, Mental, dan Tumbuh Kembang Anak